Tips Membeli Container Bekas

Membeli barang bekas tidak segampang membeli barang dalam kondisi baru. Seperti halnya membeli container bekas, setiap barang yang dibeli harus dipertimbangkan dengan baik. Jika kita pikir-pikir, membeli container sangatlah gampang gampang susah. Tidak ada salahnya jika kita perlu menyimak beberapa tips berikut ini.

#Tips 1.  Pilih supplier yang kompeten dibidangnya

Hal pertama yang harus dipertimbangkan yaitu memilih perusahaan supplier container. Perusahaan yang dipilih tentunya yang sudah berpengalaman lebih dari 1 tahun. Selain itu juga harus mempunyai alamat kantor & workshop yang jelas. Supplier container yang sudah berpengalaman lama biasanya sudah mempunyai  legalitas perusahaan yang lengkap seperti NPWP, TDP, SIUP dan NIB. Untuk legalitas terbaru yaitu dokumen yang sudah ter-registrasi pada sistem OSS – Online Single Submission.

#Tips 2.  Pilih container yang masih bagus

Tips yang kedua adalah memilih container yang bagus. Kriteria dari container yang masih bagus adalah container yang masih dalam keadaan layak pakai. Dinding dan atap container mempunyai material yang tidak mempunyai tertalu banyak karat, tidak ada bocor atau pesok. Struktur rangka container masih dalam keadaan kuat tidak ada yang melengkung. Pastikan cat container masih dalam keadaan tidak terkelupas atau sudah memudar. Hal yang paling penting adalah bagian pintu gampang dibuka dan ditutup.

#Tips 3.  Bandingkan dengan supplier lain

Tips yang selanjutnya adalah mencari perbandingan harga dengan perusahaan supplier container lainnya. Kita dapat membandingkan harga dengan mengacu pada kondisi yang setara. Harga yang murah bukan patokan kalau kita mendapat harga yang kompetitif. Barang tersebut bisa saja disulap bagian bagian yang rusak agar terlihat bagus tidak terlihat cacat. Jadi kita harus membandingan container dari perusahaan A dan perusahaan B dan memilihnya apabila kita rasa harganya kompetitif sesuai barang yang kita beli.

#Tips 4.  Waspada penipuan

Akhir-akhir ini banyak sekali penipuan yang menyasar beberapa kalangan. Untuk sektor bisnis juga tidak luput jadi sasaran penipuan yang mengatasnamakan perusahaan supplier container. Tips untuk menghindari dari penipuan adalah dengan memastikan bahwa perusahaan tersebut bukan fiktif. Diusahakan kita menemui ke kantor dan dilanjutkan dengan survey container. Apabila kita menghendaki pembelian online pastikan bahwa melalukan pembayaran setelah barang tiba ditempat kita. Atau kita mentransfer down payment sekiranya tidak terlalu banyak.

#Tips 5.  Cara Pembayaran

Tips yang terakhir adalah mempertimbangkan cara pembayaran. Pembayaran yang aman menggunakan nomor rekening perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak mempunyai rekening perusahaan mintalah data diri seperti KTP, NPWP atau SIM. Apabila kita pilih cara pembayaraan online dan tidak survey barang yang akan dibeli, mintalah foto unit apabila container sudah dinaikkan truk. Akan lebih aman apabila pembayaran dapat dilakukan setelah barng sampai dilokasi kita. Apabila supplier minta pembayaran down payment, usahakan kita kasih seminim mungkin.