Cara Membeli Kontainer Bekas

Bagi sebagian orang mungkin tidak tau bagaimana cara membeli kontainer bekas. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membeli container. Mulai dari jenis container, ukuran container dan kondisi container. Jenis dan ukuran container dapat ditentukan sesuai kebutuhan pemakaian. Kebanyakan untuk kontainer bekas, customer memilih ukuran 20’feet. Ukuran ini kalau dalam satuan meter yaitu memiliki ukuran panjang 6 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,6 meter. Kontainer 20’feet dipilih karena mempunyai ukuran sedang dan dapat dengan mudah dipindahkannya. Unit ini dapat melewati jalan kecil atau jalan sempit diperkampungan.

Hal yang harus diutamakan yaitu kondisi kontainer. Kondisi kontainer harus diperhatikan untuk beberapa hal sebagai berikut dibawah.

Dinding Container

Dinding container yang baik yaitu tidak ada keropos atau lubang, tidak mengembung kedalam dan keluar, dan tidak mempunyai banyak pesok.

Atap Container

Atap container tidak boleh ada kebocoran. Apabila ada kebocoran akan berakibat fatal terhadap barang yang disimpan didalamnya. Atap container tidak boleh ada cekungan yang dapat menjadikan genangan air.

Lantai Container

Pada dasarnya lantai kontainer ada dua bagian, yaitu crossmember atau tulangan dan plywood atau lantai kayu lapis. Crossmember harus mempunyai struktur yang masih kuat tidak boleh ada bagian yang patah atau keropos. Plywood harus masih dalam keadaan kuat dan tidak ada bagian yang berlubang.

Pintu Container

Bagian kontainer ini adalah bagian yang sering diutamakan. Pintu sering dibuka dan ditutup pada saat kegiatan bongkar muat. Pintu kontainer yang baik adalah pintu yang masih gampang dibuka dan ditutupnya. Untuk material besi syaratnya masih sama dengan yang lain, yaitu tidak keropos dan berlubang. Bagian lain yang perlu diperhatikan dari pintu kontainer adalah karet seal. Karet ini sangat berguna karena melindungi dari air masuk dan hewan kecil yang dapat merusak barang.

Konstruksi Container

Dalam hal ini, konstruksi kontainer harus dalam keadaan baik dan kuat. Konstruksi container yang paling penting adalah corner post atau pilar pilar container, corner casting atau lock sudut, top rail atau rangka atas dan bottom rail atau rangka bawah.