Jual Kontainer Bekas 40 Feet

Kontainer bekas 40’feet benar-benar sangat mencuri perhatian kalangan eksportir. Pada paruh tahun 2021 ini, unit kontainer bekas untuk ukuran 40’feet sangat langka dan harganya sangat melambung tinggi. Para eksportir menggunakan kontainer bekas untuk mengirim berbagai produk ke luar negeri seperti negara di Eropa dan Amerika. Alasan menggunakan kontainer bekas yaitu biaya lebih murah apabila dibanding menyewa kontainer milik pelayaran. Ada beberapa tipe yang diminati untuk ukuran 40’feet:

Baca juga: Produk Unggulan Triputra Container

1. Tipe 42G1

Jenis kontainer tipe 42G1 adalah kontainer 40’feet dengan dimensi ukuran yang standard. Dimensi kontainer ini adalah panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter. Unit mempunyai volume 67 meter kubik dan mampu memuat barang dengan berat maksimal 28 ton. Kontainer ini cukup muat barang cukup banyak untuk pengiriman skala besar.

2. Tipe 45G1

Tipe kontainer yang selanjutnya adalah 45G1. Unit ini mempunyai ukuran panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,9 meter. Perbedaan dari tipe 42G1 adalah ukuran tinggi yang lebih 30 cm yaitu 2,9 meter. Kontainer ini digunakan untuk barang yang memiliki ukuran ketinggiannya memerlukan extra size. Biasanya barang yang menggunakan tipe kontainer ini adalah barang kardus ukuran jumbo atau barang tertentu dengan ukuran tinggi extra dengan menggunakan palet dibawahnya. Kontainer ini mempunyai volume 76 meter kubikĀ  dengan berat maksimal 30 ton. Tipe 45G1 juga sering disebut 40’feet Highcube atau Jumbo.

3. Tipe 42U1

Kontainer ini jarang sekali ditemukan karena penggunaannya yang terbatas. Unit ini juga disebut juga kontainer 40’feet Open Top. Ukuran dari tipe ini sama persis dengan 42G1 yaitu memiliki panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter. Penggunaan dari unit ini sering digunakan untuk muatan jenis extra size seperti ban, alat berat, material konstruksi dll. Tipikal dari kontainer ini adalah bagian atas yang terbuka untuk area over size dari barang tersebut. Tipe 42U1 mempunyai volume 67 meter kubik dan mampu memuat barang dengan tonase sampai 28 ton.

4. Tipe 42R1

Kontainer ini mempunyai ciri khas body kontainer yang tidak bergelombang. Dinding kontainer mempunyai sisi flat dengan bahan stainless stell dan alumunium dan mempunyai insulasi foam di semua sisinya. Kontainer ini mempunyai mesin pendingin pada bagian depan. Barang-barang yang menggunakan Tipe 42R1 adalah muatan yang memerlukan pembekuan atau frozen seperti contohnya ice cream, ikan, daging, dan buah dan sayuran. Ukuran dan tonase dari unit ini sama dengan tipe 42G1. Kontainer ini disebut juga dengan Reefer Container.

5. Tipe 42P3

Unit ini seperti tipe 42U1, unit ini sangat jarang ditemui karena kegunaannya yang minim. Kontainer ini mempunyai tiga bagian yang terbuka yaitu samping kanan, samping kiri dan atas. Kegunaan dari kontainer ini adalah untuk memuat barang extra size seperti produk setengah jadi, kendaraan berat, atau barang yang susah dimasukkan kedalam kontainer standard. Tipikan dari container ini adalah bagian depan dan belakang yang bisa dilipat apabila tidak digunakan. Untuk ukuran yaitu panjang 12 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,6 meter. Tonasi maksimal dari container ini adalah 35 ton.