Container Office Jogja – Teknik Geologi UGM

container office jogja

Pada akhir tahun 2021 ada salah satu project yang kami kerjakan. Project tersebut sangat spesial buat kami, karena melalui riset panjang yang detail dan menghasilkan desain yang bagus. Project tersebut adalah fabrikasi container office untuk kegiatan penelitian para mahasiswa Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Secara umum, container tersebut memadu padankan konsep modern yang natural dengan menggunakan 2 unit container.

Baca juga: Sewa Office Container Jogja

Penempatan container ada disalah satu ruang hijau di belakang gedung utama. Kontainer tersebut disusun berbentuk L-Shape dan ada ruangan pendukung di bagian sudutnya. Container office ini difungsikan untuk penelitian batuan oleh mahasiswa Geologi UGM. Karena lahannya bersifat dipinjamkan sementara, menggunakan kontainer sangat cocok untuk kantor karena unit tersebut akan lebih mudah dipindahkan apabila penggunaan lahan sudah selesai. Container office ini sudah dilengkapi dengan beberapa alat pendukung penelitian, seperti furniture, AC, lampu, exhaust fan, alat uji batuan dan sebagainya.

Desain container ini adalah modern natural, yaitu menggunakan bahan utama kontainer dan memfaatkan pohon pohon sebagai perindah dan peneduh. Selain itu, desain ini memfaatkan limbah agar ada terobosan baru untuk hasil penelitian. Jenis limbah tersebut adalah limbah batu bara yang dimanfaatkan sebagai paving block untuk lantai.

Selain dari project fabrikasi office container untuk Fakultas Teknik Geologi, di UGM juga banyak project container yang pernah kami kerjakan:

1. Laboratorium Container 1×20’feet & 1×40’feet – Teknik Elektro UGM 2016
2. Customized Container 4×20’feet & 3×40’feet – Teknik Elektro 2019
3. Studio Container 1×20’feet – Teknik Arsitektur UGM 2019
4. Warehouse Container 1×20’feet – PIAT UGM 2020
5. Storage Container 1×20’feet – PIAT UGM 2021
6. Cafe container 1×20’feet – Pertashop UGM Co-Working Space 2021
7. Office Container 2×20’feet – Teknik Geologi UGM 2021

Dari sekian project yang kami kerjakan di UGM, sudah ada total 15 unit yang sudah kami selesaikan. Pengadaan container di UGM dilakukan secara bertahap, sejak tahun 2016 sampai sekarang. Banyak alasan dalam penggunaan container untuk setiap project di UGM, salah satunya adalah waktu pekerjaan yang cepat dan harga yang terjangkau. Kebanyakan yang menggunakan container sebagai ruangan tambahan di UGM  adalah Fakultas Teknik. Dalam waktu dekat fakultas yang lain juga akan menggunakan container office untuk Co-Working Space mereka.